Cara Mengobati Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi ini dapat mengakibatkan gangguan dari suatu penyakit lainya yang berakibat pada serangan jantung, gagal ginjal, stroke dan penyempitan pada pembuluh darah.

Darah tinggi atau hipertensi ini dapat diobati dan dicegah sedini mungkin dengan cara alami dengan melakukan beberapa upaya, sebagai berikut :

1. Berjalan kaki

Rajin melakukan jalan santai terutama tanpa menggunakan alas kaki atau rutin melakukan jalan cepat merupakan cara yang sangat efektif sebagai program menurunkan tekanan darah tinggi hingga 8 mmHg. Lakukan lah jalan kaki dengan santai setiap pagi dan sore hari secara rutin minimal 30 menit.

Selain melakukan jalan kaki santai, melakukan olahraga ringan setiap harinya dapat membantu jantung bekerja lebih optimal dalam memompa darah dan oksigen sehingga tidak membuat kerja jantung bekerja lebih keras.

2. Latihan olah napas

Melakukan latihan olah napas atau yang dikenal dengan meditasi, seperti yoga atau taichi salah satu cara efektif dan banyak dilakukan oleh beberapa orang. Diyakini dengan melakukan olah napas, membantu menurunkan stress dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bila rasa stress yang dirasakan sangat berat akan memicu peningkatan renin, sehingga membuat enzim ginjal menaikkan tekanan darah. Oleh karenanya lakukanlah latihan olah napas minimal 5 menit tiap pagi dan malam hari.

3. Konsumsi makanan berpotasium

Menurut Linda Van Horn, PhD, beliau adalah seorang Professor dalam Bidang Pencegahan Penyakit dari Northwest University Feinberg School of Medical. Beliau menyarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan potasium yang banyak terdapat pada buah dan sayur yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

Potasium banyak diperoleh dari kentang, tomat, orange jus, pisang, kacang-kacangan, blewah, melon, kismis. Penuhi kebutuhan potasium tubuh minimal 2000-4000 mg perhari.

4. Batasi sodium atau garam

Konsumsi garam atau sodium sebaiknya dibatasi atau dikurangi penggunaannya untuk mencegah tekanan darah tetap stabil, konsumsi garam tidak lebih dari 2,4 gr per hari (sodium) atau 6 gr per hari (NaCl). Bila perlu kurangi makanan cepat saji atau fastfood karena banyak mengandung garam atau sodium.

5. Konsumsi dark chocolate

Cokelat tak selamanya membawa dampak buruk bagi tubuh. Cokelat yang memiliki banyak variant yang salah satunya jenis dark chocolate yang mengandung flavanols yang dapat membuat pembuluh darah lebih nyaman, dari hasil sebuah studi, diketahui dengan pemberian dark chocolate pada beberapa pasien yang mengalami gangguan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi dark chocolate dapat menurunkan tekanan darah hingga 18 %.

6. Relaksasi

Relaksasi sangat dibutuhkan oleh tubuh dan pikiran untuk melepas penat dari kesibukkan keseharian. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Florence, Italia, mengungkapkan seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi dengan melakukan relaksasi dengan cara mendengarkan musik selama 30 menit menarik napas dalam-dalam menujukkan penurunan angka tekanan darah sistolik (tekanan darah atas) hingga 3,2 poin.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Darah Tinggi, Penyakit Darah Tinggi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>